Gara-Gara Tokopedia, Saya Akhirnya Menggunakan OVO

Sebenarnya, saya malas menggunakan OVO.

Bukan karena produknya, tetapi karena saya malas mempunyai lebih dari satu alat pembayaran per jenis: lebih dari satu rekening, lebih dari satu kartu kredit, lebih dari satu e-money, atau lebih dari satu e-wallet. Memiliki terlalu banyak alat pembayaran membuat pengaturan keuangan menjadi lebih ribet.

Sebagai orang yang lebih menyukai Go-jek daripada Grab, OVO tidak memberikan saya benefit sebesar Go-pay. Dan karena jangkauan Go-pay juga sudah begitu luas, saya pun jadi berpikir bahwa satu e-wallet saja, dalam hal ini Go-pay, sudah cukup buat saya.

Saya memang akhirnya membuat akun OVO karena suatu malam, setelah pulang siaran Football Insight di Berita Satu, saya tidak mempunyai uang kecil untuk membayar parkir di PPS atau Parking Payment Station alias tempat membayar parkir di Berita Satu Plaza. Mau tidak mau, saya akhirnya membuat rekening OVO, mengisinya dengan Jenius, lalu melakukan pembayaran parkir dengan memindai karcis.

OVO juga saya gunakan ketika ada promo-promo tertentu seperti promo Mainstreet Dining Vouchers Instant Cashback di Gandaria City, yang bikin saya dan Deony bisa makan Kintan Buffet berdua cuma Rp 300 ribu (Aslinya Rp 420an ribu).

Tapi ya sudah, itu saja. Karena tidak bekerja di gedung atau mall yang dimiliki Lippo Group (grup perusahaan yang memiliki OVO), dan jarang main ke mall milik Lippo seperti Pejaten Village atau Plaza Semanggi, OVO pun jarang saya gunakan.

Sampai kemudian, Tokopedia secara mengejutkan mengubah sistem cashback mereka menjadi OVO Points karena kerja sama dengan OVO.

Jadi, jika dulu cashback Tokopedia akan masuk ke TokoCash, dan hanya bisa digunakan dengan berbelanja lagi di Tokopedia (tidak bisa ditransfer ke rekening kita seperti Saldo Tokopedia), sekarang cashback Tokopedia akan masuk ke OVO Points, seperti promo cashback yang kita dapatkan kalau belanja di merchant-merchant mall dan membayarnya dengan menggunakan OVO.

Awalnya, ini tentu menjengkelkan. OVO Points buat apa, pikir saya. Tapi setelah mengetahui kalau kita bisa belanja di Tokopedia menggunakan OVO Points, pikiran saya berubah. Kalau begitu, berarti kita bisa juga mengumpulkan OVO Points dengan memanfaatkan promo cashback di mall-mall dan kemudian menggunakannya di Tokopedia, dong?

Siapapun yang punya ide ini, Anda jenius!

Serius, kerja sama OVO dan Tokopedia ini berhasil bikin saya mulai pakai OVO demi berburu cashback OVO Points. Karena, sebagai orang yang hampir selalu belanja online di Tokopedia, program ini benar-benar berguna.

Saya termasuk salah satu “fakir cashback” yang selalu berburu cashback saat belanja di Tokopedia, jadi bahwa OVO Points juga bisa dikumpulkan dengan belanja atau makan sambil pacaran dengan istri, bikin saya lebih banyak menggunakan OVO daripada sebelumnya.

Misalnya saja, siang ini saya membeli roti di Tous Les Jours untuk makan siang. Kalau biasanya saya membayar menggunakan Debit atau Flazz, siang ini saya membayar menggunakan OVO karena ada promo cashback 30%. Dengan harga roti Rp 29.500, saya bisa dapat OVO Points 8.850. Lumayan untuk tambah-tambah poin.

Siapa tau, saya bisa kayak orang ini, yang sukses beli tiket pesawat hanya dengan poin yang ia kumpulkan dari berbagai cashback. Gokil!

Jadi, walaupun saya tetap masih punya perasaan kurang suka dengan produk fintech ini (sampai hari ini saya masih menggunakan fitur dasar, yang bisa didapatkan tanpa harus mengirim foto KTP yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan fitur tambahan), saya sepertinya akan semakin sering menggunakan OVO.

Karena bagaimanapun, cashback adalah salah satu alat penghematan, saudara-saudara!

2 COMMENTS

  1. Sama dong saya juga pakai ovo gara2 Tokopedia udah ga pakai tokocash 🙂
    sekarang udah enak si ovo points bisa dipakai belanja di toped juga apalagi sekarang upgrade bisa online ternyata ga kaya dulu harus datang ke ovo both

    • Saya juga baru tahu Ovo Points sebetulnya bisa dipakai belanja offline, tinggal bilang ke kasir bayarnya pakai Ovo Points. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here