Belajar Foto Olahraga dengan Lensa Sony E PZ 18-105mm f/4

Belajar Foto Olahraga dengan Lensa Sony E PZ 18-105mm f/4

Sejak pertama kali membeli kamera, salah satu keinginan saya adalah belajar memfoto aktivitas/pertandingan olahraga. Apalagi, saya memang bekerja di media sepakbola. Rasanya wajib belajar fotografi olahraga suatu hari nanti.

Akhir pekan kemarin, saat berkunjung ke Depok untuk datang ke pertandingan futsal anak-anak Komunikasi UI (saya tentu saja nggak ikut main!), akhirnya kesempatan itu datang. Tama, salah satu teman saya yang memang terjun ke dunia fotografi dan videografi secara profesional setelah lulus, ternyata membawa lensa Sony E PZ 18-105mm f/4, yang bisa digunakan di Sony a6000 saya.

Saya lupa memotret lensanya, jadi saya meminjam dari situs resmi Sony.

Dengan menghitung crop factor sensor APS-C yang digunakan Sony a6000, jangkauan lensa ini setara 27-157,5 mm di kamera full frame. Artinya, jangkauan zoom-nya pas sekali untuk digunakan memotret pertandingan olahraga – setidaknya pertandingan futsal yang dilangsungkan hari itu.

Saya pun mencobanya. Sony E PZ 18-105mm f/4 ini cukup besar secara ukuran, tapi sama sekali tidak berat. Mengingat range focal length-nya yang besar, kesan pertama saya ketika menggunakan lensa ini adalah ini lensa yang benar-benar all-around. Di focal length 18mm, kita bisa mendapatkan sudut pandang yang lebar (cuma berbeda sedikit dengan lensa kit Sony alpha, yang 16mm), sementara focal length terbesarnya cukup oke untuk memotret aksi dari jarak yang lumayan jauh.

Untitled

Gambar yang dihasilkan pun cukup tajam dan tone-nya apik. Saya memang bukan ahli dalam motret-memotret (lha wong punya kamera aja baru beberapa bulan), tapi yang pasti, saya suka dengan kualitas gambar yang dihasilkan.

Sayangnya ini memang bukan lensa yang cepat karena bukaannya hanya mentok di f/4. Imbasnya, di lapangan futsal yang pencahayaannya kurang bagus seperti tempat teman-teman saya bermain akhir pekan lalu, lensa ini kesulitan menangkap cahaya ketika speed-nya dipasang di 1/400 ke atas demi membekukan momen yang terjadi di atas lapangan – tak peduli meski ISO sudah dipasang di angka 3.200.

Untitled

Lensa ini mungkin akan bisa menampilkan performa yang lebih baik jika digunakan di tempat terbuka seperti lapangan sepakbola ketika matahari bersinar dengan nyaman tanpa diganggu awan. Hanya itu kekurangannya – tapi mengingat harganya hanya berkisar Rp6-7 juta, wajar saja jika bukaan maksimalnya memang hanya di f/4.

Secara keseluruhan, saya suka dengan lensa ini – sepertinya jika kamu ingin membeli satu lensa saja untuk kamera Sony alpha-mu, rasanya lensa Sony E PZ 18-105mm ini adalah pilihan terbaik.

Futsal with Friends

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *