Berapa Sih Biaya Nge-Gym di Celebrity Fitness?

Berapa Sih Biaya Nge-Gym di Celebrity Fitness?

Ada satu misteri yang pernah mengganggu saya cukup lama. Misteri itu adalah soal berapa sih biaya nge-gym di Celebrity Fitness, salah satu jejaring gym paling populer di Indonesia?

Hal ini menjadi mistery karena meskipun punya situs web yang cukup bagus, CF tidak pernah memasang biaya/tarif fitness di sana. Bagi yang penasaran, satu-satunya pilihan adalah mencari tahu lewat pengalaman orang atau datang langsung dan mendengar tawaran dari sales-nya.

Keadaan sempat berubah pada akhir tahun lalu, ketika CF tiba-tiba membuka pendaftaran member melalui situs web mereka. Di sana, tertera jelas berapa biaya fitness yang diterapkan, selain juga promo gratis biaya administrasi pendaftaran yang selalu diterapkan CF kepada member baru.

Sayangnya pendaftaran online itu ditutup setelah pergantian tahun. Saya yang awalnya berniat mendaftar bulan Januari lalu pun kecewa berat. Bukan apa-apa, saya sendiri tahu bahwa biaya administrasi awal di CF cukup besar – beberapa tahun lalu, saya sempat datang langsung ke CF Margonda City di Depok dan ditawarkan promo dengan pembayaran awal sebesar sekitar 1,5 juta, sudah termasuk biaya fitness bulan pertama dan bulan terakhir.

Oya, CF sendiri menerapkan sistem kontrak selama 12 bulan bagi semua member mereka. Biasanya, biaya bulan pertama dan bulan ke-12 akan ditagihkan langsung saat pendaftaran. Belum lagi dengan biaya administrasi awal. Makanya, jangan heran jika biaya awalnya akan sangat besar.

Saya, bersama Deony, akhirnya memberanikan diri untuk ke CF Gandaria City pada awal Februari 2018 ini. Saya memang sangat butuh nge-gym karena minimnya aktivitas fisik sehari-hari – dan sejak sebelum menikah akhir tahun lalu, saya sudah berniat akan kembali nge-gym di awal tahun ini.

Sebetulnya, buat saya, agak berat untuk mendaftar member di CF. Selain karena biayanya yang memang tinggi, kontraknya yang sepanjang 12 bulan (dan jika keluar sebelum kontrak selesai, akan ada denda) cukup memberatkan. Tapi karena letak CF yang tak jauh dari rumah kontrakan saya sekarang dan tepat di area kantor Deony, menjadikannya sebagai tempat fitness paling ideal yang bisa kami temukan.

Jadi, berapa biaya nge-gym di Celebrity Fitness?

Pada dasarnya ada beberapa jenis membership di CF. Termurah adalah Student, kalau tidak salah sekitar Rp540an ribu per bulan. Untuk mendaftar jenis member ini, dibutuhkan kartu pelajar yang masih aktif (nggak usah ngaku-ngaku masih SMA kalau muka udah tua). Kedua adalah One Club, dengan biaya sekitar Rp579 ribu. Membership jenis ini adalah bagi mereka yang hanya ingin nge-gym di satu cabang CF saja, dan tidak bisa digunakan di cabang CF lainnya.

Jenis membership yang ketiga adalah Merah Putih. Untuk membership ini, bisa digunakan di semua cabang CF di seluruh Indonesia. Biayanya sebesar Rp699 ribu. Yang terakhir adalah Dual Access. Ini adalah jenis membership baru yang dibuat CF setelah diakuisisi oleh Fitness First, jaringan gym populer lainnya. Untuk biayanya pun berbeda-beda. Untungnya, untuk membership jenis ini, situs CF menampilkan langsung berapa biayanya.

Selain biaya bulanan, ada juga biaya admin sebesar Rp349 ribu, yang dibayarkan satu kali di awal ketika mendaftar (mantan member yang sudah memutus kontrak lalu memutuskan kembali lagi juga harus membayar biaya ini lagi). Saya dan Deony juga diwajibkan mengambil paket personal trainer senilai Rp600 ribu untuk empat kali pertemuan.

Pada dasarnya, ada banyak promo membership di CF yang berbeda-beda hampir setiap bulannya. Saya dan Deony sendiri mendapatkan promo ‘Duo’ karena mendaftar berdua, yang ternyata berimbas cukup besar pada jumlah biaya yang harus kami bayarkan. Sebagai informasi, saya mengambil jenis membership One Club, dan dengan promo ini, dari yang seharusnya membayar Rp579 ribu per orang, saya hanya harus membayar Rp478 ribu per orang.

Selain itu, saya juga digratiskan biaya bulan pertama dan tidak perlu membayar bulan ke-12 di awal.

Agar lebih jelasnya, saya akan beri gambaran hitung-hitungan biaya awal yang harus dibayarkan antara normal dan promo yang saya dapatkan.

Harga normal:

Pembayaran pertama:
Biaya admin: Rp349 ribu
Biaya PT wajib: Rp600 ribu
Biaya bulan ke-1: Rp579 ribu
Biaya bulan ke-12: Rp579 ribu

Total: Rp2.107.000/orang. Berdua jadi Rp4.214.000

Biaya per bulan: Rp579 ribu/orang

Harga promo:

Pembayaran pertama:
Biaya admin: Rp 349 ribu
Biaya PT wajib: Rp 600 ribu

Total: Rp949 ribu/orang atau Rp1.898.000 berdua

Biaya per bulan: Rp478 ribu/orang atau Rp956 ribu berdua

Saya sendiri akhirnya menerima tawaran ini karena setelah membandingkan total biaya yang harus dikeluarkan selama satu tahun antara tawaran promo ini dan mendaftar sendiri di situs CF (jika memang dibuka lagi dan masih tanpa biaya admin di awal) ternyata lebih murah promo ini.

Intinya adalah mencari promo terbaik. Saya pribadi merasa hampir selalu ada promo dari sales CF karena mereka pasti membutuhkan jumlah akuisisi member yang besar untuk memenuhi target (saya sendiri merasa dibukanya pendaftaran online akhir tahun lalu termasuk untuk memenuhi target akuisisi mereka tahun 2017 lalu). Jadi jangan ragu untuk mencari deal terbaik.

Apakah ‘worth it’ membayar begitu mahal?

Sebetulnya worth atau tidaknya biaya yang dihabiskan untuk nge-gym di CF ini sangat bergantung pada rajin atau tidaknya datang ke gym dan seberapa besar tingkat pemanfaatan fasilitas CF yang kita gunakan.

Maksudnya, kalau hanya datang sekali seminggu, jelas kurang worth dengan biaya mahal yang harus dibayarkan setiap bulannya. Untuk benar-benar membuat pengeluaran ini terasa worth ya hanya dengan menggunakan semua fasilitas di CF semaksimal mungkin dan sesering mungkin.

Saya sendiri dalam seminggu bisa sekitar empat kali ke CF. Selain karena jarak yang dekat, toh istri juga kerja di gedung yang letaknya hanya sebelahnya persis. Kehidupan kami sudah benar-benar ‘terikat’ dengan Gandaria City, dan karenanya mudah saja buat kita ke CF hingga tiga atau empat kali seminggu.

Dan saya pribadi memang butuh nge-gym. Jujur saja, saya sempat berpikir daripada nge-gym, kalau hanya untuk menggerakkan tubuh, toh bisa berolahraga sendiri di rumah atau berlari di komplek rumah. Tapi perlu dorongan yang besar untuk benar-benar mewujudkannya, dan selama sebulan sejak berumah tangga, saya tidak mendapatkan dorongan untuk ‘berolahraga sendiri di rumah’.

Nge-gym memberikan dorongan itu secara ‘paksa’. Bagaimana tidak, dengan biaya besar yang sudah dibayarkan, masa ya masih malas berolahraga? Rasanya gila saja.

Kembali ke masalah soal worth atau tidaknya nge-gym di CF, menurut pengalaman saya sendiri, ada harga ada rupa. Saya sebelumnya pernah nge-gym di tempat fitness lokal yang tanpa kontrak dan hanya Rp250 ribu per bulan. Secara alat, oke, tidak ada masalah. Tetapi secara fasilitas dan atmosfer, memang sangat berbeda. Ini mungkin lebih karena saya ‘terlalu manja’ terlalu ‘kota’ dan terlalu ‘banyak mau’, tapi memang sangat berbeda rasanya nge-gym di tempat yang wah seperti CF dengan gym lokal.

Buat apa sih nge-gym?

Ini sih lebih ke pilihan pribadi. Ada yang ingin kurus, ada yang ingin gemuk (serius, ada!), ada juga yang ingin badan kekar. Kalau saya sendiri sih sederhana: seperti yang saya katakan, saya ingin tubuh saya bergerak, mengingat pekerjaan saya sehari-hari mengharuskan saya duduk selama berjam-jam di depan laptop.

Dorongan saya untuk akhirnya benar-benar nge-gym lagi bulan ini sendiri adalah ini: saya sempat kena low-back pain karena berjam-jam hanya duduk selama sebulan penuh. Saya benar-benar jarang bergerak saat di rumah saja. Imbasnya itu: punggung bagian bawah saya mengalami masalah dan harus diurut untuk mengobatinya.

Karena saya tidak mau merasakan sakit seperti itu lagi, saya memutuskan untuk nge-gym. Saya harus bergerak… walau urusan makan sih tetap tidak berubah (makanya saya hampir tidak mungkin kurus…).

Yah, begitulah.

Akhir kata, semoga postingan ini cukup membantu kamu!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail
There are 17 comments for this article
      • Lia at 8:26 am

        Halo, saya former member CF. Mau sharing info aja, untuk PT di awal sebenernya bisa dinego. Waktu awal gabung saya juga hampir kecele sama marketingnya karena dibilang wajib ambil paket PT di awal (Result Pack) seharga hampir sejuta per orang itu. Udah di-swipe loh CC saya hahaha. Tapi untungnya ada temen dateng dan ngasih tau ada paket awal yg lebih murah, namanya Starter Pack seharga 349.000 aja dan sudah termasuk sesi PT sekali. Langsung saya cancel pembayaran saat itu juga dan ganti ke paket Starter Pack. Saran buat temen-temen yg mau gabung, dari awal bilang aja mau ambil paket Starter Pack. Niscaya harganya akan lebih murah. Good luck!

        Oh iya, sekadar review, overall saya puas banget sama CF. Ini pun niat balik lagi 😀

  1. mei25 at 12:24 pm

    Deony, aku juga mau daftar member celfit nih~
    Kebetulan mau di gancit juga. Boleh kasih tau kontak marketing kamu kemarin?

  2. Carla at 7:31 pm

    update aja, sy d celfit Botani Bogor, daftar tgl. 21/04/18 pass promo kartini day.
    Bayar 650 rb buat PT 4x (pdhl awalnya dikira buat member 1 bulan pertama, ternyata bukan) , dan bulanan nya kena 473 rb, tanpa adm lain..
    kontrak 12 bulan, klo berhenti sblm 12 bln kena penalti 600 rb.

    Semangat kakaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *