5 Keuntungan Kartu Kredit yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Bagi banyak orang Indonesia, kartu kredit masih menjadi alat pembayaran yang di zona abu-abu. Enggak sedikit orang yang masih enggak mau menggunakan kartu kredit, dengan alasan takut terlilit hutang kartu kredit sampai didatangi rentenir. Padahal, kalau disiplin, anda bisa memaksimalkan keuntungan kartu kredit tanpa terlilit hutang.

Artikel ini akan membahas tentang apa saja keuntungan menggunakan kartu kredit, dari yang kita semua sadari sampai yang jarang disadari oleh orang. Pada artikel berikutnya, barulah kita akan membahas tentang bagaimana caranya agar dapat memaksimalkan keuntungan kartu kredit tanpa terlilit hutang. 

Semua hal yang dijabarkan di sini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, dari pengamatan pribadi soal sistem kartu kredit, dan dari blog-blog seperti PinterPoin yang jadi referensi saya memaksimalkan kartu kredit.

Apa Saja Keuntungan Kartu Kredit?

Photo by Pixabay from Pexels

Sesuai namanya, kartu kredit adalah kartu pembayaran yang dikeluarkan bank dan digunakan dengan sistem kredit kepada bank. Artinya, saat melakukan pembayaran untuk sebuah transaksi menggunakan kartu kredit, bank akan membayarkan dulu tagihan kita kepada merchant, dan di akhir periode bulan, bank akan ganti menagihkan pembayaran tersebut pada kita sebagai customer.

Bagi saya pribadi, inilah keuntungan kartu kredit yang saya rasakan manfaatnya selama ini:

  1. Sebagai alat untuk menunda pengeluaran
  2. Alat pembayaran yang aman dan diterima di seluruh dunia
  3. Untuk mencicil barang mahal tanpa membayar bunga tinggi
  4. Sebagai jaring pengaman di waktu darurat
  5. Mengumpulkan points untuk ditukar menjadi miles atau keuntungan lain

Agar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu secara mendetail.

1. Sebagai alat untuk menunda pengeluaran

Sesuai dengan dasar sistem kartu kredit yang dijelaskan di paragraf sebelumnya, kartu kredit bisa membuat kita menunda pengeluaran tertentu. Artinya, ketika melakukan transaksi, kita tidak perlu langsung keluar uang di saat itu juga, namun bisa ditunda hingga sebelum jatuh tempo kartu kredit setiap bulannya.

Ada dua keuntungan dari penundaan pengeluaran ini:

1. Anda bisa memanfaatkan uang yang seharusnya sudah dikeluarkan untuk membayar barang/jasa yang dibeli untuk hal lain yang lebih menguntungkan

Agar lebih mudah memahami poin ini, mari kita bahas dalam bentuk ilustrasi: Bayangkan anda ingin membeli sebuah laptop high-end dengan harga Rp 30 juta. Anda punya uang cash yang cukup untuk membayar langsung lunas, tetapi anda memilih untuk mencicilnya selama 3 bulan menggunakan kartu kredit, dengan bunga 0%. 

Keuntungan Kartu Kredit - Menunda Pembayaran
Photo by Mustafa Omar from Pexels

Itu berarti, anda pun hanya harus membayar tagihan sebesar Rp 10 juta setiap bulannya, selama 3 bulan. Uang Rp 30 juta anda tidak langsung keluar saat itu juga.

Nah, uang Rp 30 juta yang belum digunakan untuk membayar tagihan pembelian laptop tersebut, kemudian anda simpan dalam deposito/tabungan berbunga tinggi seperti Flexi Saver. Bisa juga diinvestasikan dalam instrumen investasi dengan hasil tinggi seperti saham. Anda baru akan keluarkan sebagian demi sebagian selama 3 bulan untuk membayar tagihan pembelian laptop.

Setelah 3 bulan, anda akan mendapatkan dua keuntungan: laptop anda lunas, dan anda mendapatkan sedikit uang dari bunga hasil deposito/tabungan atau dari keuntungan menjual saham setelah nilainya naik dalam 3 bulan.

Artinya, dengan menunda pengeluaran berkat program cicilan kartu kredit, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih: uang yang seharusnya dikeluarkan dari awal untuk melakukan pembelian laptop, bisa dimanfaatkan terlebih dahulu untuk menghasilkan profit.

2. Anda bisa menggunakan uang anda untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak

Keuntungan lain dari menunda pengeluaran ini adalah anda dapat menggunakan uang yang seharusnya langsung anda keluarkan untuk membayar uang/jasa, untuk kebutuhan lain yang mendesak. 

Katakanlah misalnya, setelah membeli laptop high end Rp 30 juta, mendadak ada kebutuhan mendesak yaitu mobil bermasalah dan harus masuk bengkel. Anda pun bisa memanfaatkan uang yang seharusnya untuk membayar laptop tadi untuk membetulkan mobil terlebih dahulu, karena memang lebih mendesak.

2. Alat pembayaran yang aman dan diterima di seluruh dunia

Keuntungan Kartu Kredit - Melakukan Transaksi di Luar Negeri
Photo by Negative Space from Pexels

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang diterima di seluruh dunia – anda bahkan bisa membeli barang di Amazon US untuk dikirim ke Indonesia, dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Anda tentu saja tidak bisa membayar transaksi di luar negeri dengan metode transfer bank layaknya belanja di e-commerce dalam negeri, apalagi menggunakan e-wallet seperti OVO atau Gopay. Ya jelas tidak bisa.

Hanya kartu kredit, alat pembayaran yang paling universal dan widely accepted. Kartu kredit pun merupakan alat pembayaran yang relatif aman karena terdapat CVV yang merupakan kode keamanan saat bertransaksi.

Beberapa kartu debit bank Indonesia memang juga memiliki CVV yang membuatnya bisa digunakan untuk bertransaksi secara internasional. Meski begitu, terkadang ada sistem e-commerce tertentu yang tidak menerima pembayaran dengan kartu debit, melainkan harus kartu kredit.

3. Untuk mencicil barang mahal tanpa membayar bunga tinggi

Memang, saat ini sudah banyak badan pemberi kredit untuk mencicil barang tanpa perlu memiliki kartu kredit. Kamu pun bisa membeli laptop high end tadi dengan mencicil walau tak punya kartu kredit. Namun, perlu diketahui, bunga kredit cicilan tanpa kartu kredit ini biasanya cukup tinggi, Selain itu, biasanya juga ada biaya administrasi dan asuransi yang harus dibayar.

Sementara saat ini, sudah cukup banyak merchant offline atau bahkan e-commerce yang menawarkan program cicilan kartu kredit dengan bunga 0%, terutama untuk elektronik. Tidak ada biaya administrasi yang harus dibayarkan juga (kecuali biaya tahunan yang harus dibayar tiap tahun), jadi benar-benar nyaris tidak ada beban.

Keuntungan Kartu Kredit - Cicilan 0%!
Photo by Code Mnml on Unsplash

Bahkan untuk transaksi di merchant yang tidak menawarkan program cicilan 0% pun, beberapa bank penerbit kartu kredit juga menawarkan pengubahan tagihan menjadi cicilan dengan bunga yang lebih ringan, biasanya di 2% atau bahkan ada juga yang di bawah 1%.

4. Sebagai jaring pengaman di waktu darurat

Nah, poin nomor 4 ini juga jarang disadari orang, sebagaimana keuntungan poin nomor 1: Kartu kredit juga merupakan instrumen finansial yang juga bermanfaat sebagai jaring pengaman di situasi darurat.

Misalnya, anda mendapatkan musibah (amit-amit!) harus masuk rumah sakit karena penyakit tertentu. Sialnya, penyakit ini ternyata tidak dicover BPJS dan asuransi yang anda miliki, sehingga anda harus membayar biaya rumah sakit sendiri. Makin sial, anda harus mendapatkan musibah ini ketika tabungan darurat anda sedang kosong – misalnya karena sudah dikeluarkan untuk membayar sewa tahunan tempat tinggal anda.

Dalam kondisi sepert ini, jika anda tidak memiliki kartu kredit, anda mungkin harus pergi mencari pinjaman ke keluarga atau teman, atau malah tergiur pinjaman online yang tak jelas keamanannya. Namun jika memiliki kartu kredit (apalagi limitnya sudah tinggi), anda bisa menggunakan kartu kredit anda untuk melakukan pembayaran biaya rumah sakit.

5. Mengumpulkan points untuk ditukar menjadi miles atau keuntungan lain

Photo by YTCount on Unsplash

Hampir semua kartu kredit menawarkan loyalty points, yang akan bertambah ketika anda menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Semakin besar dan banyak transaksi anda, semakin banyak juga poin yang bisa anda kumpulkan. Nah, poin ini kemudian bisa anda kumpulkan menjadi miles untuk membeli tiket pesawat gratis, atau mendapatkan keuntungan lain seperti menghapuskan biaya tahunan kartu kredit.

Dari 5 poin di atas, sudah kelihatan jelas kan keuntungan kartu kredit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here