Lelaki yang Ditakdirkan Selalu Gagal

Lelaki yang Ditakdirkan Selalu Gagal

Mungkin sudah setahun ini saya mengikuti banyak komikus Instagram seperti Tahilalats, Supersaepul, Si Nopal, hingga Komikman. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing, meski sebagian besar mengambil pendekatan humor untuk membuat pembacanya tertarik. Dan menariknya, dengan semakin besarnya basis pembaca mereka, yang bisa kita lihat dari jumlah pengikut (followers) dan penyuka (likes), beberapa komikus Instagram ini pun mulai ‘naik kelas’ dengan berusaha menerbitkan komik masing-masing.

Beberapa sukses bekerja sama dengan penerbit besar (seperti Komik Gono Gini dari @gono.gini yang diterbitkan oleh Penerbit KPG), namun ada juga yang memilih bergerilya menerbitkan secara mandiri. Terakhir, salah satu komik Instagram favorit saya, Komikman, memilih jalur kedua. Hasilnya, Dark Jokes to Brighten Up Your Days pun dirilis secara mandiri dengan pemesanan lewat surel dan hanya diumumkan melalui Instagram @komikman.

Komikman sebetulnya komik yang biasa saja dari sisi gambar. Tokohnya hanya berupa bulat-bulat (atau lonjong, sesuai mood penulisnya, nampaknya), dengan nama berupa alfabet A-Z yang tertandai di jidat tokoh. Tapi, meski dari sisi visual tak istimewa, Komikman sukses membuat saya dan ribuan pembaca lainnya terhibur hampir setiap hari dengan pendekatan humor yang gelap (black comedy).

Setelah malang melintang hingga mencapai 350an unggahan dan 40an ribu pengikut, Muhammad Dirga Deka Syahputra, pencipta Komikman, memutuskan untuk membuat kompilasi setebal 25 halaman Komikman dalam Dark Jokes to Brighten Up Your Days. Sebagian besar memang sudah dirilis di Instagram, namun sepertinya ada juga yang khusus dibuat untuk melengkapi buku tipis ini. Misalnya, ‘Aku Pulang’ yang hanya ditampilkan dalam dua bagian di Instagram, oleh Dirga dilengkapi menjadi empat bagian dan hanya bisa dibaca di Dark Jokes (ya kecuali Dirga dengan curangnya mengunggahnya kelak di Instagram juga).

Bagian 2 Selamat pagi . . . . #komikstrip #komikmanstrip #komikmandimanamana #semuabisajadikomikman

A post shared by Komikman (@komikman) on

Satu hal yang bisa saya katakan dari Dark Jokes adalah komik ini benar-benar berhasil membuat mood saya berubah dalam waktu singkat. Humornya simpel, dan gambarnya pun simpel, tapi ide di baliknya saya pikir sangat brilian. Singkatnya, ini adalah komik pendek yang sangat-sangat menyenangkan.

Hanya satu masalah dari Dark Jokes: tipis banget! Rasanya kecewa berat ketika sudah sampai di halaman terakhir dan kegembiraan itu tidak bisa berlanjut lebih lama lagi. Saya bisa menyelesaikannya hanya dalam 5-10 menit, bahkan menulis reviewnya ini saja jauh lebih lama daripada membacanya.

Harga bukunya hanya Rp35.000 dan yes, it’s worth every penny. Sayangnya, buku ini hanya bisa dipesan lewat email dalam waktu terbatas (dan sudah ditutup 1 April 2017 kemarin), jadi kamu tak perlu mencarinya ke puluhan toko buku di Indonesia karena kamu tidak akan menemukannya. Jadi, ikuti saja @komikman di Instagram, siapa tahu akan ada lagi Dark Jokes edisi berikutnya.

Siapa tahu.

Terima kasih untuk @deonydeon yang jadi model untuk foto-foto di postingan ini.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *