Makanan Enak dan Halal di Bali yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Enak dan Halal di Bali yang Wajib Kamu Coba!

Mengikuti tren liburan di Bali layaknya seleb Instagram memang cukup menguras kantong. Tapi makan enak di Bali tak melulu harus diikuti dengan tagihan yang tak masuk akal angkanya. Setidaknya ada dua tempat makan favorit saya di daerah Kuta dan Uluwatu yang memenuhi syarat tersebut.

Untuk wilayah Kuta, mungkin semua orang akan menunjuk Nasi Pedas Ibu Andika sebagai tempat makan murah yang sangat populer di wilayah ini, tapi warung ini sebetulnya bukan satu-satunya yang menyediakan menu nasi pedas di Jalan Raya Kuta – bukan juga yang terbaik. Favorit saya adalah Nasi Pedas Ibu Hanif, yang hanya buka pukul 5 sore hingga tengah malam di emperan jalan, bukan di kios tersendiri seperti Nasi Pedas Ibu Andika.

Karena bukan warung permanen, memang agak sulit menemukan Nasi Pedas Ibu Hanif. Letaknya persis di depan Pasar Kuta, di pojok Jalan Raya Kuta, tepat di pertigaan yang, kalau dari selatan, belok ke kiri akan membawamu ke Legian dan Pantai Kuta. Dari arah Joger, Nasi Pedas Ibu Hanif ada di sebelah kanan jalan. Cari restoran Babi Guling di ruko pasar tersebut dan Nasi Pedas Ibu Hanif tepat ada di sebelahnya. Kalau tidak ada, berarti mereka tutup.

Nasi Pedas Ibu Hanif 3

Cari saja lokasinya di Google Maps, dan arahkan GPS-mu ke sana, jangan ke tempat lain.

(Deony sempat nyasar jauh sekali karena supir ojek daring-nya tidak mengikuti GPS dan memilih menggunakan pengetahuannya – hasilnya, ia malah dibawa ke sebuah warung nasi biasa yang juga bernama Ibu Hanif, yang letaknya 3-4 km dari Nasi Pedas Ibu Hanif.)

Varian lauk dan sayurnya memang tidak sebanyak di Nasi Pedas Ibu Andika, tetapi ada tiga hal yang saya suka dari Nasi Pedas Ibu Hanif: ada bakwan jagung (!), sambelnya lebih enak, dan ayam goreng pedasnya, yang bikin saya tergiur, benar-benar memuaskan.

Nasi Pedas Ibu Hanif 1

Untuk urusan pedas, Nasi Pedas Ibu Andika juga pedas kok. Tapi untuk urusan rasa, masakan di Nasi Pedas Ibu Hanif lebih unggul. Saya sampai menyempatkan diri untuk mampir lagi sambil menunggu penerbangan pulang saya ke Jakarta.

Harganya juga tak jauh berbeda dengan Nasi Pedas Ibu Andika. Dengan lauk ayam goreng, dua bakwan jagung, orek tempe, dan sayur singkong, saya hanya perlu membayar Rp22.000.

Lokasi: Nasi Pedas Ibu Hanif – Jalan Raya Kuta No.124, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 (Buka mulai pkl 17.00 WITA)

Direkomendasikan untuk: Kamu yang ingin makanan ala ‘warteg’ dengan sambal yang khas dan pedas

Menu yang direkomendasikan: Ayam goreng pedas-nya yang menggiurkan wajib dicoba!

Sementara di Uluwatu, yang saya maksud adalah Nasi Ayam Bu Oki. Nasi Ayam Bu Oki sebetulnya punya dua warung: pertama di wilayah Jimbaran, dan yang kedua di wilayah Nusa Dua.

Warung yang di Nusa Dua tampaknya lebih terkenal karena lokasinya yang strategis, tetapi saya sendiri pergi ke warungnya yang di Jimbaran karena sekalian mengunjungi Pura Uluwatu untuk menyaksikan pertunjukkan Tari Kecak yang populer itu.

Letaknya tak jauh dari MaxOneHotels Bukit Jimbaran – dari arah utara, kamu akan menemukannya di sebelah kiri jalan. Warungnya sangat kecil dan tak ada plang nama besar yang bisa membuatmu menemukannya dengan mudah dari jauh, jadi setelah melewati MaxOneHotels, jangan ngebut agar tak terlewat.

Google menyebut bahwa warung ini tutup pukul 5 sore, tapi saran saya, jangan datang sore-sore. Saya datang pukul setengah 2 siang, dan setengah jam kemudian, nasi ayam-nya sudah habis terjual. Beruntung saya sempat nambah sekali…

Nasi Ayam Ibu Oki Jimbaran

Nasi Ayam ini sebetulnya nasi biasa, seperti nasi campur Bali dengan dua jenis masakan ayam di atasnya: ayam goreng dan ayam sayur suwir yang diletakkan di atas nasi. Selain itu, ada sayur, telur rebus, pepes dalam bungkus daun pisang kecil, dan kalau beruntung, kamu juga bisa melengkapinya dengan sate lilit. Sayang ketika saya datang, sate lilitnya sudah habis.

Bahwa saya makan sampai dua piring seharusnya sudah memberikan gambaran bagaimana sukanya saya dengan Nasi Ayam Ibu Oki. Harganya pun murah: tiga piring nasi plus dua bungkus kerupuk dan satu teh botol hanya membuat saya mengeluarkan Rp80 ribu. Harga yang sangat masuk akal!

Lokasi: Nasi Ayam Ibu Oki
Cabang Jimbaran: Jl. Raya Uluwatu No.24, Ungasan, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Cabang Nusa Dua: Jl. Siligita No.27, Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Benoa, Kuta Selatan, Benoa, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Direkomendasikan untuk: Semua turis yang datang ke Bali dan bukan vegetarian

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *