Mengintip Proses di Balik Siaran Langsung Tayangan Olahraga

Mengintip Proses di Balik Siaran Langsung Tayangan Olahraga

Pagi ini saya menemukan sebuah video menarik di YouTube tentang pekerjaan seorang audio mixer dalam proses siaran langsung tayangan olahraga. Mereka yang disebut juga sebagai A1 ini adalah orang-orang yang bertanggung jawab menyaring suara apa saja yang akan didengar pemirsa di depan layar televisi ketika menonton pertandingan olahraga, entah itu sepakbola, basket, atau bisbol.

Pekerjaan seperti ini jarang terpikirkan oleh kita yang selama ini mungkin hanya menikmati siaran langsung olahraga di televisi tanpa memikirkan seperti apa proses di balik produksinya. Padahal, berkat audio mixer lah kita bisa menikmati suara-suara yang ‘renyah’ di telinga seperti suara jaring gawang yang dihempaskan bola, atau suara bat ketika seorang pemukul mengirim bola ke luar lapangan alias home run, dan sebagainya. Suara-suara ini kemudian memperkaya pengalaman kita sebagai penonton, dan membuat tayangan langsung berkualitas tinggi menjadi begitu menarik.

Joss Fong, pembuat video Vox tersebut, juga memberikan tautan ke video lain dari The Verge, yang menggambarkan proses produksi siaran langsung NFL secara lebih luas: tak hanya membahas soal audio mixer, tapi juga tentang pekerjaan-pekerjaan lain di balik produksi siaran langsung seperti penyiap tayangan ulang hingga pengendali kamera gantung (spidercam) di dalam stadion.

Luar biasa rasanya jika membayangkan bagaimana orang-orang ini bekerja: memilih suara yang tepat dari puluhan mikrofon di stadion, memilih gambar yang tepat untuk ditampilkan, memilih tayangan ulang dari sudut terbaik, hingga mencari sudut gambar terbaik untuk direkam dari udara. Semuanya berlangsung dalam tempo waktu dua hingga empat jam atau lebih – apalagi di olahraga bisbol yang memang bisa berlangsung hingga lebih dari lima jam. Pasti diperlukan kerja keras dan fokus yang luar biasa untuk bisa bertahan bekerja dengan cepat dan harus meminimalisir kesalahan dalam waktu lama seperti itu.

Dua video yang bagus!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *