Menjajal iMovie

Menjajal iMovie

Sebelumnya, saya sama sekali nggak pernah kepikiran untuk mencoba untuk mengedit video. Saya hidup dengan menulis, dan hanya menulis lah yang saya ketahui. Saya sempat punya ketertarikan untuk menjajal desain grafis dengan Photoshop atau Illustrator dan semacamnya, tapi belakangan saya malah terlalu malas karena untuk nyemplung ke dalam dunia itu, saya harus sabar, cermat, dan hati-hati. Benar-benar seperti bukan dunia saya.

Baru akhir-akhir ini muncul ketertarikan saya untuk mencoba mengedit video dan semacamnya. Sebetulnya, ketertarikan itu mulai muncul sejak mempunyai Macbook Air, karena ada iMovie yang tertanam di dalamnya. Tapi benar-benar baru beberapa minggu terakhir saya punya niatan betul-betul untuk belajar mengedit video.

Saya pun mencari-cari video-video footage yang pernah iseng saya ambil ketika menginap di Aston Bogor tahun lalu. Materinya sangat terbatas (karena saya kehilangan selera merekam video di tengah-tengah ‘liburan’ itu), tapi lumayan lah. Lalu saya coba padukan dengan lagu I’m So dari Andrew Applepie yang sedang saya sukai.

Ini hasilnya:

Yah, lumayan untuk orang yang benar-benar pertama kali mencoba mengedit video. Ada banyak sekali kekurangan video ini, terutama tone gambar yang terlalu gelap. Namanya juga belajar (dan perlu dicatat juga, saya merekamnya menggunakan kamera ponsel saya yang lama, LG G3).

Kenapa tiba-tiba saya tertarik untuk belajar mengedit video?

Mengingat salah satu cita-cita terbesar saya adalah mempunyai media saya sendiri, saya ingin sekali bisa menguasai semua yang berkaitan dengan konten media: bukan cuma konten teks saja, tapi juga konten foto dan video. Selain mengedit video, saya juga sedang mulai mencoba-coba belajar mengedit foto – setidaknya sebuah langkah awal saya untuk mulai menekuni kedua bidang yang berkaitan dengan visual ini.

Saya juga sadar, saya tidak bisa hanya mengandalkan satu skill saja untuk bertahan hidup. Apalagi di dunia media yang semakin mengandalkan visual sebagai barang dagangan ini. Bukan begitu?

Kalau kamu, skill baru apa yang ingin kamu pelajari?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *