Paket Indihome Termurah yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Kebutuhan

Ingin tahu paket Indihome termurah yang bisa kamu pilih?

Catatan: Artikel ini dibuat pada Januari 2020. Paket Indihome yang dijelaskan dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak artikel ini dibuat dan diupdate.

Menentukan paket Indihome termurah yang cocok untuk kebutuhan personal memang susah-susah gampang. Saya pun bingung saat harus memilih dari berbagai pilihan yang tersedia, apalagi varian paket Indihome memang banyak dan kadang bahkan bisa bertambah ketika ada promo tertentu.

Apalagi, Telkom enggak menyediakan paket Indihome internet only yang mungkin bakal membuat banyak orang senang karena memang cuma butuh internet aja! Paket ini juga dijamin bakal membuat tagihan tiap bulannya jadi berkurang jauh karena enggak ada embel-embel produk yang sebetulnya enggak kita butuhin.

Kenapa Memilih Indihome?

Enggak bisa dipungkiri, dibanding provider internet kabel lainnya di luar sana, Indihome punya keunggulan besar dalam hal jaringan. Itu saya sadari sekali ketika akhirnya harus pindah rumah beberapa bulan lalu, di mana lokasi rumah yang baru ini gak masuk dalam cakupan jaringan internet Biznet ataupun MyRepublic, dua provider yang ingin sekali saya coba kualitasnya. Padahal rumah saya ada di dalam perumahan dan masih di area Jakarta Selatan.

Akhirnya, Indihome pun jadi pilihan kembali di alamat baru ini – karena selain dua provider tadi, saya enggan mencoba provider internet baru. Lagian, setelah dua tahun menggunakan Indihome di rumah sebelumnya, saya enggak punya keluhan besar yang bikin saya kapok pakai Indihome lagi.

Selama dua tahun itu tentu aja ada keluhan, tapi rata-rata bisa selesai cepat ketika saya komplain lewat DM Twitter.

Tapi setelah dua tahun menggunakan paket Dual Play internet + TV dengan tagihan mencapai Rp 450 ribuan sebulan dengan kecepatan internet cuma 10 Mbps, saya pengen mencoba paket lainnya yang lebih murah atau kecepatan internetnya lebih tinggi dengan total tagihan yang sama. Momen pindah rumah ini pun saya manfaatkan untuk mencoba mencari paket lain yang lebih menguntungkan dan sesuai kebutuhan.

Berbagai Variasi Paket Indihome di Tahun 2020

Ganti tahun, ternyata variasi paket Indihome juga berganti. Sebab, varian paket yang tersedia tahun 2020 ini – tepatnya saat saya menulis artikel ini – sudah berbeda dengan varian yang tersedia saat saya memasang Indihome pada Desember 2019 lalu.

Secara keseluruhan, berikut breakdown variasi paket Indihome yang tersedia di awal tahun 2020 ini:

Catatan: Paket yang ada di sini tersedia jika Anda mendaftar Indihome secara online. Paket yang tersedia lewat Plasa Telkom atau agen Telkom di pinggir jalan mungkin bisa berbeda. Harga yang tertera belum termasuk pajak dan administrasi.

DUAL PLAY

IndiHome Fiber Dual Play Phone – Internet

Setiap paket Indihome Fiber Dual Play Phone – Internet akan mendapatkan: paket internet, telepon 300 menit, Movin’, IndiHome Music Silver, IndiHome Study, dan Cloud Storage 8GB. Yang membedakan hanyalah kecepatan internetnya.

20 Mbps: Rp 345 ribu
50 Mbps: Rp 575 ribu
100 Mbps: Rp 935 ribu

IndiHome Fiber Dual Play Internet – UseeTV

Setiap paket Indihome Fiber Dual Play Phone – UseeTV akan mendapatkan internet, Usee Entry, HOOQ, Iflix, Catchplay, dan IndiHome Music Gold. Yang membedakan hanyalah kecepatan internetnya.

20 Mbps: Rp 385 ribu
50 Mbps: Rp 615 ribu
100 Mbps: Rp 975 ribu

TRIPLE PLAY

Paket ODP Hitam & Hijau IndiHome Netizen I

Sejujurnya, saya kurang memahami paket ODP ini karena detail paketnya yang kurang jelas. Dalam paket ini, terdapat 3 jenis paket dengan kecepatan internet yang sama, yaitu 10 Mbps. Dengan harga yang tak jauh beda dengan Dual Play dan batasan FUP dan free telepon yang lebih sedikit, saya sangat tidak merekomendasikan paket ini dan lebih baik anda memasang paket Dual Play Phone – Internet.

Rincian setiap paket adalah:

Paket 1: Value Low FUP 10 Mbps, free 50 mnt Lokal-SLJJ – Rp 397.600
Paket 2: 10 Mbps (5 GB), free 50 mnt Lokal-SLJJ – Rp 307.600
Paket 3: 10 Mbps (20 GB), free 50 mnt Lokal-SLJJ – Rp 337.600

Paket Indihome Prestige

Indihome Prestige bisa dibilang paket “paling gila” yang mungkin lebih cocok untuk sharing kontrakan/kos karena kecepatannya yang sangat tinggi. Atau kalau kamu memang kebanyakan uang juga boleh lah.

Terdiri dari dua paket, yaitu 200 Mbps dan 300 Mbps, pengguna Indihome Prestige akan mendapatkan internet, UseeTV Essential, Free SLJJ 1000 menit, wifi.id Seamless, Cloud Storage 8Gb, Movin Phone, HOOQ, Iflix, Catchplay, IndiKids Lite, IndiMovie 1 & 2, IndiSport 2, Inditainment Lite, IndiKorea.

Untuk paket 300 Mbps juga akan mendapatkan tambahan paket add-on UseeTV berupa IndiNews.

Paket HSI Indihome Gamer

Paket ini cukup beragam, mulai dari 10 Mbps sampai 100 Mbps, tetapi kurang dirincikan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hal stabilitas kecepatan untuk paket 10 Mbps gamer dengan paket 10 Mbps Indihome reguler.

Berikut rincian setiap paketnya:

10 Mbps: Rp 380 ribu – Internet 10 Mbps, bonus platform Game, gratis 100 menit panggilan Lokal-SLJJ, UseeTV Entry

20 Mbps: Rp 480 ribu – Internet 20 Mbps, bonus platform Game, gratis 100 menit panggilan Lokal-SLJJ, UseeTV Entry

30 Mbps: Rp 680 ribu – Internet 30 Mbps, bonus platform Game, gratis 100 menit panggilan Lokal-SLJJ, UseeTV Entry

40 Mbps: Rp 780 ribu – Internet 40 Mbps, bonus platform Game, gratis 100 menit panggilan Lokal-SLJJ, UseeTV Entry

50 Mbps: Rp 780 ribu – Internet 50 Mbps, bonus platform Game, incoming only calls

100 Mbps: Rp 1.380 ribu – Internet 100 Mbps, bonus platform Game, incoming only calls

Indihome Value dengan OTT

Jika kamu mencari paket yang lebih terjangkau namun tetap memberikan triple service yaitu internet, telepon rumah, dan IP TV, saya sangat merekomendasikan paket ini. Alasannya, paket ini mencakup ketiga layanan tersebut, lebih murah daripada paket lainnya, dan layanan yang diberikan tetap cukup lengkap!

Ada tiga paket yang ada di kategori Indihome Value ini. Ketiganya sama-sama memberikan layanan internet, 300 menit Local-SLJJ, IndiHome Value USEE Entry, IndiKids Lite, iflix, HOOQ, dan Catchplay. Bedanya, paket ketiga yakni 30 Mbps memberikan layanan tambahan yaitu IndiBasketball.

Berikut perbedaan harganya:

10 Mbps: Rp 360 ribu
20 Mbps: Rp 445 ribu
30 Mbps: Rp 595 ribu

Indihome Fiber Triple Play

Ini adalah paket-paket utama dalam paket Triple Play Indihome! Terdiri dari 4 jenis paket, yaitu 10 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps, paket ini menawarkan tiga layanan sekaligus yaitu internet, telepon rumah, dan IP TV. Mirip dengan Indihome Value, namun dengan tambahan gimmick lain.

Berikut layanan-layanan yang diberikan:

10 Mbps: Rp 470 ribu – Internet 10 Mbps, UseeTV (Essential, IndiKids Lite, dan IndiMovie 2), Free Local SLJJ 1000 menit, Movin Phone, HOOQ, Iflix, Catchplay

20 Mbps: Rp 515 ribu – Internet 20 Mbps, UseeTV (Essential, IndiKids Lite, dan IndiMovie 2), Free Local SLJJ 1000 menit, Movin Phone, HOOQ, Iflix, Catchplay

50 Mbps: Rp 825 ribu – Internet 50 Mbps, UseeTV (Essential, IndiKids Lite, IndiMovie 2, IndiSport 2, dan Inditainment Lite), Free Local SLJJ 1000 menit, wifi.id Seamless, Cloud Storage 8Gb, Movin Phone, HOOQ, Iflix, Catchplay

10 Mbps: Rp 1.250.000 – Internet 100 Mbps, UseeTV (Essential, IndiKids Lite, IndiMovie 1 & 2, IndiSport 2, dan Inditainment Lite), Free Local SLJJ 1000 menit, wifi.id Seamless, Cloud Storage 8Gb, Movin Phone, HOOQ, Iflix, Catchplay

Mana Paket Indihome Termurah yang Bisa Kamu Dapatkan?

Setiap kebutuhan orang pasti berbeda, begitu juga dengan paket Indihome yang kamu butuhkan. Perlu teliti melihat detail layanan yang diberikan agar kamu tahu pasti bahwa paket tersebut memang yang terbaik yang bisa kamu dapatkan sesuai kebutuhanmu.

Tetapi pada dasarnya, dalam pemilihan paket internet ini, pertanyaan yang paling utama yang harus kamu jawab dulu adalah: apakah kamu membutuhkan UseeTV (IP TV dari Telkom) atau tidak?

Kalau Kamu Tidak Membutuhkan UseeTV: Pilih IndiHome Fiber Dual Play Phone – Internet

Simpel aja, kalau kamu tidak membutuhkan UseeTV, paket-paket di IndiHome Dual Play Phone – Internet adalah yang termurah yang bisa kamu beli. Memang sih, ada paket ODP 10 Mbps (5 GB), free 50 mnt Lokal-SLJJ yang hanya seharga Rp 307.600, tapi paket ini kurang jelas dan tulisan 5 GB di detail paketnya bikin saya takut kalau Fair Usage Policy atau FUP-nya hanya 5 GB! Gila, dikit banget tuh.

Sekarang, tinggal menentukan kecepatan internet yang kamu butuhkan. Saya pribadi memilih 20 Mbps karena itu aja udah cukup dan udah lebih cepet daripada 10 Mbps yang sebelumnya saya pakai.

Sayangnya enggak ada opsi paket 10 Mbps yang mungkin bakal bisa menekan harga lebih murah lagi, dan bikin Indihome lebih terjangkau untuk pasar yang lebih luas.

Kalau Kamu Membutuhkan UseeTV: Pilih Paket Indihome Value dengan OTT

Paket Indihome termurah yang bisa kamu dapatkan jika kamu membutuhkan Indihome dengan UseeTV adalah paket Indihome Value dengan OTT 10 Mbps yang hanya Rp 360 ribu per bulannya. Lebih menguntungkannya lagi, paket ini juga termasuk telepon rumah juga dengan kuota gratis 300 menit!

Ini tentu lebih menguntungkan daripada paket termurah Indihome Dual Play Internet – UseeTV yaitu 20 Mbps sebesar Rp 385 ribu tapi tanpa telepon rumah dan paket UseeTV-nya pun hanya Usee Entry (sementara untuk Indihome Value juga mendapatkan IndiKids Lite). Walau memang, kecepatan internetnya hanya 10 Mbps.

Kalau memang soal kecepatan internet bukan masalah, Indihome Value 10 Mbps ini jelas bisa jadi pilihan kamu. Tapi kalau kamu lebih mengutamakan kecepatan dan gak masalah gak dapet telepon rumah, tentu aja kami merekomendasikan  Dual Play Internet РUseeTV 20 Mbps yang senilai Rp 385 ribu.

Jadi paket Indihome mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here