Rekomendasi Akhir Pekan #4

Rekomendasi Akhir Pekan #4

Rekomendasi Akhir Pekan berisi artikel, buku, film, musik, video, atau apapun yang saya konsumsi selama sepekan terakhir yang ingin saya rekomendasikan untuk mengisi akhir pekanmu. Kamu juga bisa merekomendasikan apapun yang menarik di kolom komentar!

Saya sangat senang berbagi hal-hal yang sedang saya senangi ke orang lain (baca: memaksa orang agar ikut suka juga), entah itu film, lagu, atau buku. Saya yakin kebanyakan dari kita mungkin seperti itu. Karena saya butuh medium untuk menyalurkannya, saya pikir mungkin akan menarik untuk menuliskannya secara reguler setiap akhir pekan di blog ini. Dan karena saya cukup malas menulis panjang-panjang (meski mengaku blogger), rasanya lebih pas jika rekomendasi-rekomendasi tersebut dijadikan satu postingan saja. Jadilah muncul ide postingan ‘Rekomendasi Akhir Pekan’ yang (rencananya) akan saya tulis di setiap hari Sabtu atau Minggu.

Dan pekan ini saya ingin merekomendasikan….

ARTIKEL

  • Why the next 20 years will see a lot less technological disruption than the past 20 | Vox: Artikel ini secara keseluruhan membahas perdebatan antara dua kubu: mereka yang optimis akan teknologi, yang diwakili oleh tokoh di Silicon Valley, Kevin Kelly, dan kaum pesimis akan teknologi, yang meyakini bahwa revolusi teknologi sudah berakhir dan tak akan ada gebrakan besar di tahun-tahun mendatang, yang diwakili oleh ahli ekonomi Robert Gordon. Timothy B. Lee, penulis artikel ini, menjelaskan alasannya lebih meyakini masa depan seperti yang diprediksi Gordon, meski tak setuju seluruhnya dengan keyakinan Gordon yang tertuang dalam bukunya, The Rise and Fall of American Growth. Artikel menarik untuk melihat kembali perkembangan teknologi selama dua-tiga dekade terakhir dan memikirkan ulang: apakah ini benar-benar era revolusioner dalam kehidupan manusia?
  • What Was the Greatest Era for Innovation? A Brief Guided Tour | The New York Times: Jika kamu membaca artikel Vox di atas, saya sarankan untuk juga membaca artikel ini karena masih sangat terkait dengan artikel di atas. Meski tak memberikan pendapat penulis mengenai apakah kita benar-benar sedang hidup di era ketika revolusi kehidupan benar-benar terjadi atau tidak, tapi kita bisa melihat kembali apa yang dicapai manusia dalam sekitar satu setengah abad terakhir. Dengan mengingat itu kembali, kita bisa membandingkannya dengan pencapaian kita dalam dua dekade terakhir dan menentukan pilihan: apakah setuju dengan para tokoh Silicon Valley yang optimis, atau ahli ekonomi yang pesimis?

BUKU

  • Apakah saya merekomendasikan Sabtu Bersama Bapak untuk kamu baca? Tentu saja! Kalau belum membaca novel garapan Adhitya Mulya ini, segerakanlah. Tak hanya menghibur, ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini. Ini bukan novel biasa – ini adalah panduan menjadi lelaki yang hebat yang dibalut dalam cerita fiksi.

SERIAL TV

  • W – The Two Worlds: Saya benar-benar merekomendasikan drama ini untuk kamu tonton. Konsisten bagusnya sampai akhir!
  • The Flash Season 3: Serial TV terbaik pahlawan super dari DC Universe kembali di musim yang baru dan langsung menyajikan plot cerita yang menarik. Mari berdoa musim ketiga The Flash tak seperti musim ketiga Arrow…

MUSIK

  • Starboy – The Weeknd ft. Daft Punk: Ini adalah lagu terbaik The Weeknd! Sentuhan Daft Punk di lagu ini mengingatkan saya pada album Random Access Memories yang luar biasa itu, tapi vokal dan gaya The Weeknd membuat lagu ini tak akan cocok jika dimasukkan ke dalam album pemenang Grammy itu.

  • Dancing King – Yoo Jae-seok X EXO: Brilian. Brilian. Siapapun yang membuat lagu ini, patut diberikan pujian karena dengan luar biasa menyatukan seorang bintang variety show dan salah satu grup idol ‘terpanas’ dalam sebuah lagu yang sangat pas. Saya jarang menyukai lagu-lagu EXO, tapi Dancing King benar-benar berbeda.

  • Russian Roulette – Red Velvet: Saya tak tahu apa yang terjadi di SM saat ini, tapi saat ini ada dua lagu dari label ini yang tak henti-hentinya saya dengarkan hampir setiap hari: selain Dancing King, Russian Roulette benar-benar sukses ‘menyita’ perhatian saya.  Dua lagu bagus sekaligus dari SM… ini langka! Dan seperti Dancing King, koreografi Russian Roulette pun sangat menarik.

VLOG

  • Saya jarang menonton vlog alias video blog tapi Casey Neistat adalah kasus berbeda. Dalam vlog ini, YouTuber dengan 5 juta pelanggan (oke, subscribers) ini memperlihatkan pengalamannya menikmati First Class Emirates setelah mendapatkan upgrade cuma-cuma dari Business Class yang ia beli. Entah kenapa saya senyum-senyum sendiri melihat Casey dengan noraknya terkagum-kagum dengan segala hal di tempat duduknya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *