Rekomendasi Akhir Pekan #7: Menikmati Godaan Marion Jola

Rekomendasi Akhir Pekan #7: Menikmati Godaan Marion Jola

Rekomendasi Akhir Pekan balik lagi setelah minggu lalu lupa nulis karena long weekend di luar kota. Seperti biasa, saya ingin berbagi beberapa hal menarik yang mungkin bisa kamu konsumsi untuk mengisi waktu di akhir pekan ini…

1. Acara TV: Indonesian Idol (Musim 9)

Saya bukan penggemar acara pencarian bakat seperti Indonesian Idol sebetulnya. Tapi harus diakui, Idol tahun ini cukup menarik karena kualitas kontestannya yang hampir merata dan levelnya sangat tinggi.

Lihat saja Ayu Putrisundari, Maria Simorangkir, atau Joanita Veroni yang tampil luar biasa di Babak Spektakuler pekan ini. Performa ketiganya benar-benar bikin berdecak kagum dan saya sendiri sampai tepuk tangan pas menonton tayangan ulangnya di YouTube.

Belum lagi menyebut Marion Jola yang selalu menggoda…

Oh, selain itu, hal menarik lainnya buat saya adalah interaksi juri yang, entah bagaimana, saya rasa lebih lepas oke daripada musim-musim sebelumnya. Mereka bahkan bisa bebas menunjukkan ke-bias-an mereka di ajang Spektakuler ini. Entahlah, buat saya sih ini menarik.

Kalau belum pernah menonton Indonesian Idol musim kesembilan, kamu bisa menontonnya di kanal YouTube resmi mereka. Semua episode tayang di sana.

2. Artikel: “How rightwing media is already attacking Florida teens speaking out” – The Guardian

Link: https://www.theguardian.com/us-news/2018/feb/20/how-rightwing-media-is-already-attacking-florida-teens-speaking-out

Artikel ini adalah bagian dari seri artikel Burst Your Bubble, sebuah seri artikel yang kurang lebih mengajak pembaca The Guardian untuk tidak hanya melihat sesuatu dari sudut pandang media liberal (dalam hal ini Guardian) saja, tetapi juga dari sudut pandang media sayap kanan. Ini merupakan inisiatif Guardian setelah menyadari bahwa polarisasi di dunia semakin parah karena seseorang dengan sudut pandang tertentu hanya akan membaca berita atau opini dari media yang sejalan dengan keyakinannya saja.

Dalam artikel ini, Guardian mengajak kita untuk melihat bagaimana reaksi media-media sayap kanan Amerika pasca kasus pemembakan di Parkland, Florida, yang menewaskan 17 orang. Dan, ya, reaksi mereka ngawur semua.

Salah satu yang paling menarik buat saya adalah ucapan Rush Limbaugh, salah satu komentator politik AS yang konservatif, yang mengatakan bahwa salah satu solusi yang bisa diberikan pemerintah untuk mencegah tragedi penembakan di sekolah adalah dengan memerkenalkan lebih banyak senjata di sekolah agar siswa-siswa di AS bisa mempertahankan diri mereka ketika terjadi insiden serupa.

Edan. Jadi seperti membuat ‘Battle Royale’ kenyataan, gitu?

3. YouTube: “It’s not you. Phones are designed to be addicting” – Vox

Vox sudah mulai jarang membuat video yang benar-benar bikin saya merasa ‘wah’. Tapi yang ini sungguh menarik. Vox membahas, bersama seorang eks ahli etika desain Google, Tristan Harris, bagaimana para pembuat aplikasi ponsel cerdas mendesain aplikasi mereka untuk membuat penggunanya menggunakan aplikasi mereka terus menerus.

 

Selamat berakhir pekan!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *