Rekomendasi Akhir Pekan: TED-Ed

Rekomendasi Akhir Pekan: TED-Ed

Saya pernah mencoba membuat seri artikel di blog WordPress saya yang sebelumnya yang berisi berbagai rekomendasi yang diunggah setiap akhir pekan, tetapi sayangnya inkonsistensi saya dalam ngeblog membuat rencana itu pupus suksesnya.

Tapi hari ini ada satu hal yang sangat ingin saya tulis dan saya rekomendasikan ke semua orang, dan itu adalah TED-Ed.

Seperti yang bisa kita bayangkan dari namanya, TED-Ed adalah ‘cabang’ dari TED, seri konferensi dari organisasi non-profit Sapling Foundation yang sangat terkenal. Bedanya, jika TED adalah konferensi di mana pembicara-pembicara terkenal dari berbagai latar belakang dan bidang ilmu berbicara, TED-Ed adalah seri pembelajaran yang menarik lewat video-video berdurasi di bawah 10 menit yang bisa ditonton oleh umum melalui YouTube atau melalui website TED-Ed sendiri.

Apa yang dibahas? Segala hal. Per hari ini saja, menurut klaim TED-Ed, sudah ada 189.540 pembelajaran yang mereka hadirkan di website mereka. Sementara di kanal YouTube mereka, sudah ada ratusan video yang sudah diunggah dan sudah ditonton lebih dari 300 juta kali. Sejarah, ilmu pasti, bahasa – apapun itu, semuanya dibahas. Dari sejarah bahasa sampai kehidupan di mars. Dari cara kerja jantung sampai Franz Kafka.

TED-Ed tentu bukan satu-satunya akun YouTube yang menghadirkan video-video edukasi yang menarik. Tapi sejauh ini, saya pikir, TED-Ed adalah yang paling menarik dan paling mudah dipahami.

Saya juga berlangganan beberapa kanal YouTube lainnya seperti CrashCourse (juga membahas berbagai bidang, dengan durasi video yang lebih panjang dan pembahasan yang lebih mendetail daripada TED-Ed), dan Because Science with Kyle Hill (oke, kalau yang ini sebetulnya adalah seri video dari kanal Nerdist, yang membahas berbagai hal di kultur pop dan melihatnya dari sudut pandang keilmuan – misalnya:┬ábagaimana Deadpool bisa memulihkan diri?). Tapi dibandingkan yang lainnya, video-video TED-Ed lebih mudah dipahami karena pembahasannya dinarasikan dengan tidak terlalu cepat dan dibahas dengan sesimpel mungkin.

Dan karena kesederhanaannya itulah, saya pikir, TED-Ed ini bisa direkomendasikan untuk orang tua-orang tua baru (atau calon-calon orang tua) sebagai sumber pembelajaran anak-anaknya.

Atau untuk orang-orang awam seperti saya yang ingin tahu lebih banyak soal sejarah, biologi, fisika, atau hal-hal lain menarik lainnya dari kehidupan dunia kita. Narasi dan bahasa yang sederhana juga membuat video-video mereka lebih bisa dipahami oleh orang-orang non-pembicara bahasa Inggris (lagi-lagi seperti saya).

YouTube memang lebih dari TV…

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *