Streaming NFL di Twitter…. kok bisa?!

Streaming NFL di Twitter…. kok bisa?!

Jumat pagi kemarin waktu Indonesia, ada satu hal baru yang saya temukan di Twitter: ternyata Twitter bekerja sama dengan NFL untuk menyiarkan pertandingan NFL di Kamis malam waktu Amerika aka Thursday Night Football. Gratis. Di website dan aplikasi Twitter. Ini luar biasa. Karena saya bahkan baru tahu kalau Twitter punya layanan video streaming in-built di situsnya!

Ternyata NFL sudah mengumumkan kerja sama ini sejak April 2016 lalu. Liga profesional American Football ini memang sudah lama bekerja sama dengan Twitter, namun kali ini, mereka membuat terobosan dengan kerja sama streaming. Menurut Wired, Twitter mengalahkan Facebook, Amazon, dan media sosial lainnya untuk mendapatkan kerja sama ini.

Sementara layanan streaming Facebook sudah dikenal selama beberapa lama, Twitter memang tak pernah punya layanan yang mirip. Atau mungkin belum. Yah, mereka memang punya Periscope, tapi sifatnya sebagai aplikasi terpisah, membedakannya dengan layanan streaming yang dimiliki Facebook.

Saya tentu saja langsung mencoba streaming NFL di Twitter ini lewat web. Kualitas gambarnya HD, dan hampir tidak ada lag. Pengalaman yang menyenangkan – kecuali soal fakta bahwa saya harus menonton iklan yang sama berulang-ulang kali: video #nowplaying, video #vote, NFL Game Pass, dan NFL Ticket Exchange.

Menurut Recode, Nielsen mencatat bahwa total ada 2,2 juta orang menonton NFL melalui Twitter. Masih jauh dari angka 17,5 juta penonton yang dicatatkan siaran televisi, tentu saja, tapi tetap saja ini angka yang cukup besar. Bayangkan jika pertandingan besar sepakbola Eropa yang ditayangkan…

Menariknya, Twitter juga akan menyiarkan langsung acara debat calon presiden Amerika Serikat antara Hillary Clinton dan Donald Trump pada hari Senin, 26 September 2016 ini. Bagi saya, ini seperti sebuah terobosan besar bagi Twitter, yang mengalami kemandekan selama beberapa tahun terakhir.

Bagaimana cara streaming NFL dan debat presiden AS di Twitter? Ada dua cara: melalui website (http://tnf.twitter.com untuk Thursday Night Football dan http://debate.twitter.com untuk debat calon presiden) dan aplikasi Twitter lewat fitur Moments. Sayangnya, untuk pengguna di Indonesia, fitur ini belum juga dimunculkan, meski Twitter sudah merilisnya di AS sejak Oktober tahun lalu.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *