Trik Membaca Komik Barat Gratis di Tablet Android

Trik Membaca Komik Barat Gratis di Tablet Android

Salah satu alasan mengapa hanya sedikit orang yang membaca komik-komik barat seperti keluaran Marvel, DC, Image, atau keluaran Eropa seperti Millerworld, adalah sulitnya akses untuk membacanya secara gratis. Memang, selain membeli komik fisiknya baik secara online maupun di toko buku impor seperti Kinokuniya, ada cara untuk membaca komik secara gratis yaitu dengan mengunduh file CBR/CBZ yang biasanya dibagi di forum-forum.

Setelah itu, kita bisa membacanya menggunakan comic viewer seperti ComicRack, yang bisa digunakan di laptop maupun tablet. Tapi bisa dibilang prosesnya ribet. Kamu harus mencari komik yang kamu mau di forum/torrent, lalu mengunduhnya, lalu memindahkannya ke tablet, baru bisa membacanya. Jauh lebih ribet daripada membaca manga yang bisa dibaca di aplikasi online di tablet yang tersedia legal di Play Store.

Beberapa minggu yang lalu, Rana menunjukkan pada saya kalau ada sebuah situs untuk membaca komik barat secara online, layaknya membaca manga: readcomiconline.to. Dan katalog komik yang tersedia benar-benar luar biasa – kamu bahkan bisa membaca komik Superman dan Batman dari tahun 1940an! Keren.

PR-nya kemudian adalah: bagaimana caranya membaca komik online ini di tablet ya?

Saya tidak suka membaca komik di laptop, dan membacanya di tablet Samsung Galaxy Tab 2 tujuh inci yang saya beli bertahun-tahun yang lalu jauh lebih menyenangkan – layaknya membaca buku biasa. Bagaimana cara membacanya di tablet? Membukanya di peramban (browser) adalah cara utama yang bisa dilakukan, tapi jelas tidak efisien dan tidak menyenangkan. Saya kemudian mencari tahu apakah ada aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membaca readcomiconline.to ini di tablet saya.

Kemudian saya menemukannya di GitHub, sebuah platform untuk para pengembang aplikasi/software amatir/profesional yang ingin membagikan hasil kerjanya secara cuma-cuma. Salah satu pengembang bernama inorichi membuat aplikasi pembaca manga online bernama Tachiyomi untuk Android. Berhubung GitHub adalah sebuah platform terbuka di mana pengguna lain bisa mendapatkan ‘bahasa mentah’ (source code) aplikasi yang dimaksud, salah satu pengguna lain kemudian menambahkan kode ke dalam source code Tachiyomi agar aplikasi ini bisa mengakses readcomiconline.to dan menyajikannya di aplikasi.

Singkat kata, muncul Tachiyomi versi custom yang bisa digunakan untuk membaca readcomicnline.to di tablet langsung di aplikasi layaknya membaca manga online di aplikasi Android.

Keren!

Oke, cukup dengan ceritanya. Jadi bagaimana caranya untuk menginstall Tachiyomi custom ini dan membaca komik di readcomiconline.to secara langsung di Android?

Ini langkah-langkahnya:

1. Download Tachiyomi custom langsung di link ini (direct link).

2. Buka (unzip) file tersebut dan kamu akan menemukan file app-debug.apk. Pindahkan ke tablet/ponsel Android kamu, lalu install.

3. Buka aplikasi, klik menu di kiri atas layar, pilih katalog. Di katalog, terdapat menu drop-down di mana kamu bisa memilih situs asal komik. Pilih Read Comic Online.

4. Voila! Ada banyak komik yang bisa kamu pilih di sini. Kamu bisa memasukkan judul-judul favoritmu dengan mengklik tombol tandai (bookmark) di halaman intro setiap komik, dan juga jika ingin membaca komik tanpa koneksi internet, kamu bisa mengunduhnya agar kamu bisa membacanya secara offline.

Aplikasi ini memang jauh dari sempurna – kelemahan utama yang paling terasa adalah tidak berfungsinya fitur pencarian di bagian kanan atas aplikasi di bagian katalog, yang membuat kita akan sedikit sulit untuk menemukan komik yang diinginkan. Satu-satunya cara untuk menemukan komik yang kita inginkan adalah terus menggulirkan layar ke bawah. Semakin sulit karena daftar komik di sini tidak bisa diurutkan secara alfabet atau tahun rilis yang akan mempermudah pencarian.

Tapi untuk saat ini, tampaknya ini adalah satu-satunya cara terbaik untuk membaca komik di tablet layaknya membaca manga di aplikasi-aplikasi manga yang bertebaran di Play Store.

Silakan dicoba dan selamat membaca!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *