Tutorial Cara Menggunakan Shopback untuk Berburu Cashback

Begini cara memanfaatkan Shopback untuk mendapatkan cashback saat berbelanja online

Siapa sih yang gak suka diskon atau cashback? Semua orang pasti menyukainya, dan gak sedikit bahkan yang selalu mencarinya. Memanfaatkan promo diskon atau cashback juga membuatmu memanfaatkan uangmu dengan lebih baik Рselain kamu mendapatkan barang/jasa yang kamu inginkan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan baik potongan harga yang mengurangi pengeluaranmu atau cashback yang bisa kamu kumpulkan untuk membeli barang/jasa kebutuhanmu juga. Nah, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan cashback adalah menggunakan layanan Shopback.

Shopback adalah sebuah platform tracking online shopping yang pengguna lakukan, dan akan membuat pelanggan bisa mendapatkan cashback dari semua pembelanjaan yang mereka lakukan di e-commerce yang bekerja sama.

Shopback sendiri bisa memberikan cashback ini lewat kerja sama dengan e-commerce-e-commerce yang menjadi partner. Mereka mendapatkan persenan dari pembelian yang pengguna lakukan, yang kemudian dibagi dengan pengguna.

Review Shopback: Mudah Digunakan, Tapi…

Saya sendiri mengetahui platform ini udah cukup lama sebetulnya, tapi baru benar-benar memanfaatkannya ketika setahun lalu hendak berbelanja tiket-tiket aktivitas liburan ibu dan adik-adik saya di Singapura melalui Klook. Saat itu, saya belum tahu cara menemukan promo Klook, jadi mencari cara biar saya bisa mendapatkan cashback dari pembelanjaan saya di Klook. Dan ternyata, Klook bekerja sama dengan Shopback.

Lumayan banget, karena pembelanjaan saya di Klook cukup besar (hingga jutaan rupiah), cashback yang saya dapat pun lumayan banyak. Hingga hari ini, total cashback yang telah saya kumpulkan dan bisa dicairkan adalah Rp 296 ribu – tapi bahkan saya pernah membaca ada yang telah mengumpulkan sampai jutaan rupiah!

Cashback Shopback

Ada tiga cara menggunakan Shopback, yaitu:

  1. Dengan aplikasi di Smartphone
  2. Dengan mengklik e-commerce di situs Shopback
  3. Dengan menginstall add-ons di Google Chrome atau Mozilla Firefox lewat desktop

Saya sudah mencoba dua cara tersebut, tetapi saya pribadi jauh lebih menyukai cara tracking dengan add-on di desktop. Karena dengan add-on, kita bisa melihat langsung apakah Shopback masih mentrack aktivitas belanja kita atau tidak. Sementara, jika menggunakan aplikasi, kadang saya bisa tidak yakin apakah aktivitas belanja saya ditrack atau tidak, terutama jika kita diarahkan ke aplikasi e-commerce yang ingin kita gunakan.

Agar lebih jelas, mari kita bahas soal cara kerja Shopback dengan add-on di browser desktop maupun melalui aplikasi di smartphone. Sebelum mencoba keduanya, pastikan kamu membuat akun terlebih dahulu di sini.

Cara Menggunakan Shopback dengan Aplikasi di Smartphone

Shopback juga tersedia di Android dan iOS. Cara yang saya jabarkan berikut ini adalah hasil pengalaman saya menggunakan aplikasi Shopback di Android. Cara kerjanya mungkin berbeda di iOS – saya belum bisa memastikan hal ini.

  1. Install aplikasi Shopback di PlayStore atau App Store.
  2. Login ke akun yang sudah kamu buat
  3. Pilih e-commerce yang ingin kamu gunakan untuk berbelanja. Perhatikan dulu juga ya jumlah cashback yang ditawarkan oleh masing-masing e-commerce
  4. Website e-commerce tersebut akan terbuka di internal browser dalam aplikasi mereka (bukan membuka browser yang kamu install di smartphone ya), atau kamu akan diarahkan ke aplikasi e-commerce tersebut (jika kamu sudah menginstallnya).

Satu hal yang kurang saya sukai dari berbelanja dengan aplikasi adalah jika kita harus diarahkan ke aplikasi e-commerce (karena e-commerce memang mensyaratkan pengguna harus menggunakan aplikasi mereka jika ingin mendapatkan cashback, misalnya Shopee), kita kadang tidak tahu pasti apakah aktivitas belanja kita ditrack atau tidak.

Sementara jika tidak membuka aplikasi e-commerce, pengalaman berbelanja di browser aplikasi Shopback tidak menyenangkan, karena rasanya sama buruknya seperti berbelanja lewat mobile web.

Cara Menggunakan Shopback Langsung Tanpa Add-on

Cara ini bisa kamu gunakan baik di browser desktop maupun browser smartphone, meski sebagai orang yang lebih menyukai pengalaman full di desktop, saya lebih memilih menggunakan browser desktop.

Cashback Shopback

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Shopback
  2. Login ke akun yang sudah kamu buat
  3. Pilih e-commerce yang ingin kamu gunakan untuk berbelanja dari pilihan yang ada di halaman depan situs, atau cari di kolom pencarian
  4. Kamu akan dibawa ke tab baru dan akan membuka halaman e-commerce yang kamu mau. Pastikan kamu berbelanja di tab yang dibuka oleh Shopback untuk memastikan aktivitas berbelanja kamu ditrack. Jangan buka tab baru!

Saya pribadi belum pernah mencoba cara ini sebelumnya, tetapi menurut saya, risikonya mirip seperti berbelanja lewat aplikasi – kita tidak bisa memastikan betul apakah aktivitas belanja kita benar-benar sedang di-track atau tidak.

Risiko ini terutama paling saya takutkan kalau saya masih hendak mencari-cari/browsing dulu barang yang ingin saya beli. Sangat tidak ideal. Tipsnya: pastikan dulu kamu sudah tahu halaman barang yang ingin kamu beli, atau sudah masukkan barang itu ke Wishlist, sehingga kamu bisa langsung membeli barang tersebut tanpa harus membuka banyak page untuk menemukan barang yang tepat.

Cara Menggunakan Shopback dengan Add-on di Browser

Begini cara kerja add-on Shopback di Chrome atau Firefox:
1. Pertama, install add-on di Chrome atau Firefox di sini

2. Ikuti tata cara install add-on di Chrome atau Firefox. Klik “Allow” atau “Izinkan” ketika muncul pop-up box untuk mengonfirmasi instalasi

3. Setelah add-on terinstall, buka website e-commerce tempat kamu akan berbelanja

4. Jika e-commerce tersebut bekerja sama dengan Shopback, add-on akan bereaksi dan menawarkan pengguna untuk mengaktifkan tracking dengan tulisan “Aktifkan Cashback”. Klik lihat semua cashback untuk melihat nilai cashback yang berlaku di situs e-commerce tersebut (tiap kategori biasanya memberikan jumlah cashback yang berbeda). Klik tombol jika kamu ingin mengaktifkannya

Cashback Shopback

5. Halaman situs akan te-refresh. Setelah kembali ke halaman utama, logo add-on akan berubah menjadi hijau.
6. Kamu bisa melanjutkan aktivitas berbelanja. Pastikan kamu tidak membuka tab baru dan berbelanja di tab di mana kamu mengaktifkan add-on. Ini untuk memastikan aktivitas berbelanja kamu ditrack

Cashback Shopback

Untuk memastikan aktivitas berbelanja kamu terus ditrack, selalu cek warna add-on Shopback, pastikan selalu berwarna hijau dan tidak kembali ke warna merah.

Inilah yang membuat cara menggunakan add-on ini menjadi cara favorit saya: saya jadi bisa selalu memastikan bahwa aktivitas belanja saya sedang ditrack Shopback atau tidak. Pengalaman menggunakan Shopback pun jauh lebih menyenangkan daripada dua cara lainnya!

Apa yang Harus Dilakukan Jika Aktivitas Belanja Kamu Gagal Ditrack

Setelah kamu selesai berbelanja, beberapa waktu sesudahnya email akan masuk mengonfirmasi bahwa kamu telah berbelanja dan kamu akan mendapatkan cashback. Nilai cashback yang akan kamu terima juga tertera di dalam email tersebut. Terlampir di bawah adalah bukti konfirmasi aktivitas belanja saya di BliBli. Cuma seribu rupiah karena saya memang hanya beli pulsa senilai Rp 200 ribu – memang, pulsa adalah jenis produk yang cashbacknya relatif rendah.

Cashback Shopback

Ada kalanya aktivitas belanja gagal ditrack oleh Shopback, terutama jika kamu menggunakan aplikasi atau langsung lewat website. Untungnya, Shopback mempunyai fitur “Cashback Hilang”, yang bisa digunakan untuk melaporkan aktivitas belanja yang gagal ditrack padahal kamu sudah belanja melalui Shopback/sudah mengaktifkan add-on saat berbelanja.

Claim Cashback Shopback

Caranya, pilih e-commerce tempat kamu berbelanja di bagian Toko. Shopback kemudian akan mencari tanggal/waktu ketika kamu mengaktifkan add-on/masuk ke e-commerce tersebut lewat aplikasi/website Shopback, lalu kamu bisa memasukkan bukti pembelian yang dilakukan di e-commerce tersebut pada waktu tersebut.

Claim Cashback Shopback

Shopback kemudian akan mencocokkan data dengan e-commerce partner, dan jika terbukti kamu sudah mengaktifkan Shopback saat berbelanja di e-commerce tersebut tetapi gagal ditrack, Shopback akan mengirimkan email konfirmasi.

Trik Mendapatkan Rp 25 Ribu Saat Membuat Akun Baru

Jika kamu belum menjadi member Shopback, kamu bisa mendaftar dengan link referral saya di bawah ini untuk mendapatkan tambahan saldo Rp 25 ribu. Tambahan saldo Rp 25 ribu ini diberikan setelah:

  • Membuat akun
  • Memperbaharui data diri di akun yang dibuat
  • Berhasil melakukan transaksi di merchant manapun senilai minimum Rp 125.000 lewat ShopBack
  • Status Cashback berubah dari “Tertunda” menjadi “Sudah Dikonfirmasi”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here